Down to earth

about everything in the world

More About Me...

down to earth

Another Tit-Bit...

my entrecard blog

Mau beli laptop?

Era teknologi informasi bergerak seperti sekarang ini membutuhkan perangkat yang dapat mendukung kebutuhan informasi yang mobile, cepat dan handal. Salah satunya adalah komputer jinjing atau yang biasa disebut dengan laptop. Berbagai macam produk laptop yang dikeluarkan sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang menunjang kebutuhan sesuai segmen yang dibidik. Lalu apa saja sih biasanya yang menjadi pertimbangan untuk membeli laptop? Biasanya yang menjadi pertimbangan adalah harga, kemampuan kinerja, kebutuhan calon pembeli, sistem operasi, merk, layanan purna jual dan model.

Harga, kemampuan kinerja dan kebutuhan

Untuk mereka yang berkantong terbatas - apalagi kalo gak punya kantong seperti saya - sangat perlu untuk mengetahui secara rinci kebutuhan pemakaian karena hal ini akan berpengaruh kepada tingkat keefisienan pemakaian laptop bila dibandingkan dengan kinerja dan harganya.

Bila kebutuhan berkutat pada aplikasi perkantoran - seperti pembuatan laporan atau presentasi -, programming ataupun kalkulasi yang tidak membutuhkan sumber daya yang berlebih, rasanya laptop yang berharga 10 jutaan atau bahkan kurang sudah cukup mumpuni.

Untuk kebutuhan yang menyangkut basis data yang cukup besar dan kompleks (ada laptop yang digunakan sebagai backup database), programming yang memerlukan sumber daya berat, pengolahan citra atau kebutuhan medium lainnya diperlukan laptop medium juga.

Penggunaan yang lebih berat seperti 3D/4D processing, desain grafis, CAD/CAM atau keperluan premium lainnya tentu saja membutuhkan kemampuan laptop yang sangat baik. Biasanya harganya berkutat diantara harga psikologis 21 juta dan sekitarnya

Selain itu harga juga ditentukan oleh prosesor yang dipakai, memori yang digunakan, kapasitas harddisk dan kelengkapan fitur yang disertakan.

Sistem Operasi

Sistem operasi yang akan digunakan juga menentukan harga total pembelian. Bila memilih sistem operasi berjendela, harus mempersiapkan dana ekstra untuk biaya lisensi sistem operasi dan perangkat lunak lainnya seperti aplikasi perkantoran, anti virus dan lain-lain. Kecuali bila calon pembeli lebih memilih untuk menggunakan lisensi “dua puluh ribu per cd”

Apabila sistem operasi yang akan digunakan adalah sistem operasi penguin atau makhluk bertrisula, tidak usah memikirkan harga lisensi yang harus dibayar. Hampir semuanya tersedia secara gratis dan legal.

Merk dan layanan purna jual

Dua hal ini juga wajib menjadi pertimbangan untuk membeli laptop. Merk tentu saja mempengaruhi harga sebuah laptop. Seringkali untuk kinerja yang hampir sama memiliki perbedaan harga yang cukup lumayan. Layanan purna jual juga harus dijadikan pertimbangan. Pilihlah produsen laptop yang memiliki layanan purna jual yang prima. Hal ini perlu untuk mengurangi biaya ekstra di kemudian hari.

Model

Saat ini banyak tersedia laptop dengan beragam model dan ukuran. Tinggal pilih apakah ingin model yang konservatif ataupun model-model mutakhir yang memanjakan mata. Ukuran layar pun bermacam-macam mulai dari yang kecil 11″ sampai yang lebih besar dari 17″. Ada yang berbalut kulit sampai logo franchise dari suatu produk. Tetapi tentu saja semua ini mendatangkan konsekuensi. Tetap ada harga ekstra yang harus dikeluarkan untuk semua itu

Kecuali…

Kecuali bagi mereka yang membelinya menggunakan uang pajak rakyat, segala pertimbangan itu tidak perlu dilakukan sama sekali. Yang penting berharga mahal 21 juta, berukuran kecil layar 12″, memori gede (tapi gak ngerti seberapa gede) dan gak bikin mati gaya gak peduli ngerti ato nggak makenya, gak peduli makenya buat apaan, gak peduli butuh ato nggak, gak peduli harga sopwer lain yang kudu diinstall juga di laptopnya, gak peduli deh kalo harganya dikali 520 unit jadi total 12,5 milyar duit darimana
Kolom blog tutorial


Jadi inget jargon iklan di tipi.. OK dari Hongkong!

DISCLAIMER:

- tidak ada penyebutan merk ataupun perkiraan harga laptop mendetail. saya kan bukan duta laptop

0 comments:

Post a Comment