Down to earth

about everything in the world

More About Me...

down to earth

Another Tit-Bit...

my entrecard blog

Browsing via SSH Tunnel

putty?apa itu putty?
kadang kala akses internet kita di blok..mo browsing surfing download ga bisa
solusi yang bisa kita pake..bisa melalui http tunnel atau software2 sejenis..semacam your-freedom atau ultrasurf.tapi kali ini yang akan saya bahas mengenai putty
PuTTY merupakan aplikasi untuk melakukan remote login ke komputer lain melalui jaringan dengan menggunakan protokol Telnet atau SSH.

Jadi kita bisa memerintahkan komputer nun jauh di sana seolah-olah komputer itu berada di depan kita.
download putty disini
http://www.putty.org/

Pertama kita buka PuTTY

masukan alamat ssh/ip yg mau kita remote...liat seperti di gambar



Kemudian pilih bagian Connection » SSH » Tunnels. Isikan pada bagian source port dengan angka bebas di atas 3000. Ini adalah nomor port yang akan diguanakan untuk komunikasi, di sini kita gunakan angka 9134, kolom Destination dibiarkan saja kosong, lalu pastikan radio button Dynamic dipilih, lalu klik Add. Setelah itu tekan Open.





Kemudian akan muncul jendela yang memunculkan prompt login. Jika kita belum pernah melakukan login sebelumnya, akan muncul pop-up seperti berikut ini yang memberitahukan bahwa kunci enkripsi komputer tujuan belum disimpan ke dalam komputer kita. Tekan Yes saja.



Setelah itu, masukkan username dan password login komputer yang bersangkutan ke prompt tersebut

Ingat, PuTTY ini bertindak sebagai “perantara” kita untuk berhubungan dengan komputer korban. Jika jendela PuTTY ini ditutup, maka koneksi kita ke komputer korban juga akan putus. PuTTY di sini digunakan untuk pelakukan forwarding port melalui SOCKS proxy. Istilahnya, setiap koneksi yang masuk ke port yang telah kita tentukan tadi (9134) maka PuTTY akan meneruskannya melalui SSH ke komputer korban untuk kemudian diteruskan ke port yang sebenarnya. Di sini kita akan meneruskan koneksi HTTP (port 80) yang akan dilewatkan ke komputer korban melalui port 9134 yang kemudian di komputer korban, rekues ini dikembalikan ke port 80.

Langsung saja kita menyetting browser kita untuk meneruskan setiap koneksi HTTP agar masuk ke port 9134 tadi.

Pada Flock dan FireFox, pilih menu Tools » Options. Kemudian pada tab General kemudian pilih Connection Settings. Lalu pilih Manual Proxy Configurations. Isikan pada SOCKS Host dengan nomor IP loopback 127.0.01 dan port dengan port yang telah kita tentukan tadi, 9134. Lalu pilih OK dan OK lagi.



SSH tunneling atau port forwarding ini merupakan cara yang cukup berguna. Metode ini sebenarnya digunakan untuk melindungi data yang dikirimkan melalui jaringan dengan memanfaatkan protokol SSH. Data yang biasanya dikirim melalui jaringan biasa, dienkripsi terlebih dulu sebelum dikirim oleh protokol SSH. Ini adalah dasar dari Virtual Private Connection
Tetapi yang harus diperhatikan, untuk melakukan remote komputer.komputer korban harus mempunyai aplikasi SSH, jika tidak, maka cara tersebut di atas tidak berhasil
source
http://blog.matriphe.com/index.php/2007/01/19/browsing-via-ssh-tunneling



0 comments:

Post a Comment